BIAYA
1.
Apa yang dimaksud dengan biaya? dan sebutkan macam-macam biaya !!
Biaya adalah
semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang
dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah
terjadi maupun yang akan terjadi.
Macam – Macam Biaya :
Biaya
investasi (First or
Investment Cost) adalah seluruh biaya yang dikeluarkan oleh entitas investor
dalam perolehan suatu investasi misalnya komisi broker, jasa bank, biaya
legal dan pungutan lainnya dari pasar modal.
Biaya Operasi dan Pemeliharaan (Operation and Maintenance Cost)
adalah biaya yang dikeluarkan oleh Transporler untuk pengoperasian dan
pemeliharaan Fasilitas.contoh beban penyusutan, beban pemasaran
Biaya tetap (Fixed cost) adalah biaya tetap merupakan biaya
yang secara total tidak mengalami perubahan,walaupun ada perubahan
volume produksi atau penjualan (dalam batas tertentu). Artinya kita menganggap biaya tetap konstan sampai
kapasitas tertentu saja, biasanya kapasitas produksi yang dimiliki. Namun,
untuk kapasitas produksi bertambah, biaya tetap
juga menjadi lain. Contoh biaya tetap adalah seperti gaji,
penyusutan aktiva tetap, bunga, sewa atau biaya kantor dan biaya
tetap lainnya.
Biaya variabel (Variabel Cost) adalah biaya yang secara total
berubah-ubah sesuai dengan volume produksi atau penjualan.
Artinya asumsi kita biaya variabel berubah-ubah secara
sebanding (proporsional) dengan perubahan volume produksi atau penjualan.
Dalam hal ini sulit terjadi dalam praktiknya karena dalam penjualan
jumlah besar akan ada potongan-potongan tertentu, baik yang diterima maupun
diberikan perusahaan. contoh biaya variabel biaya variabel adalah biaya bahan
baku, upah buruh langsung, dan komisi penjualan biaya variabel lainnya.
Biaya marjinal adalah biaya tambahan
yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu unit tambahan produk. Contoh
pembelian mesin,bangunan dan lain-lain.
Biaya marjinal (Incremental or Marginal Cost) adalah perubahan biaya total yang berkaitan
dengan perubahan satu unit output. Sedangkan, biaya inkremental dapat diartikan
sebagai tambahan biaya total dari penerapan keputusan manajerial.
Biaya langsung (Direct Cost)
adalah biaya-biaya untuk pengadaan
sumber daya yang terkait secara langsung dengan pelaksanaan setiap kegiatan
yang tercantum dalam pay item kontrak.
Biaya tidak
langsung (Indirect Cost) adalah segala biaya yang terkait dengan
penyelenggaraan proyek dan tidak bisa dibebankan secara langsung
Biaya satuan (Unit Cost) adalah biaya yang dihitung
untuk satu satuan produk pelayanan, diperoleh dengan cara membagi biaya total (TC)
dengan jumlah/kuantitas output atau total output (TO) atau : UC = TC/TO contoh
biaya satuan rawat inap (kamar) kelas I, II, III, biaya satuan rawat jalan.
Biaya satuan ddipengaruhi oleh besarnya biaya total. Biaya satuan yang
dihasilkan oleh hasil perhitungan berdasarkan pengeluaran nyata untuk
menghasilkan produk dalam kurun waktu tertentu disebut biaya satuan aktual
(Actual Unit Cost). Biaya satuan yang secara normatif dihitung untuk
menghasilkan suatu jenis pelayanan kesehatan menurut standar baku disebut biaya
normatif (Normative Cost).
Biaya Total ( Total Cost = TC) . Biaya total adalah
keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produksi.
TC=TFC+TVC
Dimana TFC = total fixed cost
Dimana TFC = total fixed cost
TVC = total variable
cost.
Biaya berulang (Recurring cost) adalah biaya yg secara berulang dikeluarkan
menghasilkan produk yang sama dan berulang secara teratur.
Biaya tidak berulang (Nonrecurring cost) adalah biaya yang tidak berulang, walaupun l dapat
bersifat komulatif dalam priode yang pendek.
Biaya Hangus adalah biaya yang telah terjadi di masa yang lalu dan tidak mempengaruhi
perkiraan biaya di masa yang akan datang dalam penentuan tindakan.
Biaya terbenam (Sunk or Past cost) adalah biaya yang tidak dapat kembali.
2. Jelaskan Kurva Biaya ?
Kurva Biaya adalah untuk membuat sebuah grafik
dari biaya yang sudah dikeluarkan kemudian membuat hasil reset dari kurva
tersebut apakah perusahaan mengalami kerugian atau tidak.
3. Jelaskan mengapa konsep biaya perlu
dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?
Karena jika konsep biaya itu tidak sesuai dengan apa
yang kita rencanakan atau bahkan melesat maka perusahaan akan mengalami
kerugian atau bangkrut.
4. Jelaskan bagaimana tindakan
perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi perusahaan ingin tetap
ada dipasar, konsep seperti apa yang perlu diterapkan perusahaan tersebut ?
Jika suatu perusahaan mengalami tingkat penjualan
yang rendah, sebaiknya perusahaan menggunakan Biaya Pemasaran. Biaya Pemasaran
itu sendiri adalah biaya yang digunakan untuk melakukan pemasaran, jadi saat
tingkat penjualan suatu perusahaan rendah sebaiknya perusahaan melakukan
pemasaran dengan lebih baik dan lebih bagus kualitasnya.
5. Coba anda buat pengkategorian
biaya!!!
1. Biaya Penjualan yaitu Biaya Gaji dan Komisi
Penjualan; Biaya Advertensi; Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan
toko; Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan; Biaya Depresiasi alat
pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.
2. Biaya Administrasi dan Umum yaitu Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.
2. Biaya Administrasi dan Umum yaitu Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar